What are you Looking for?
Saat ini lebih dari 50% teknik SEO yang populer sekitar 2-3 tahun yang lalu, telah digolongankan sebagai spam!
Blog comment, guest book, article directory, blog network, pyramid, linkwheel, “situs 2.0”, dan masih banyak lagi.
Seluruh ini SPAM.
Bila anda saat ini masih memakai teknik di atas untuk meningkatkan rangking, hentikan. Meski anda belum terkena penalty, tetapi dalam waktu ke depan akan kena.
Laman website anda terlalu berharga untuk dirusak dengan sistem-sistem itu.
Orang yang telah terlanjur percaya dengan teknik spam akan pesimis bila diajak berdiskusi mengenai White Hat. Katanya terlalu lambat, sulit, dan membuang-membuang waktu.
MEREKA SALAH BESAR.
Karenanya dari itu dalam tutorial ini akan di perkenalkan teknik white hat SEO proaktif yang aman. Tak cuma itu, teknik-teknik berikut bila dipakai dengan ideal akan memberikan hasil yang berdampak besar terhadap webiste Anda.
Dan yang lebih penting lagi, semuanya dapat anda mulai dari saat ini juga.
Berikut ini akan ditekankan terhadap penjelasan kata ‘proaktif’ disini.
Masih banyak yang salah kira soal white hat SEO dan content marketing. Keduanya bukan sekadar optimasi on-page dan membikin konten.
Jadi kerjaan seorang praktisi white hat SEO bukan hanya tulis-publish-tulis-publish. Apabila hanya seperti ini jangan heran seandainya laman anda tak pernah sukses.
Justru kebalikannya, berikut inilah yang harus coba Anda lakukan:
Link atau tautan masih menjadi salah satu unsur utama dalam SEO.
Melainkan backlink itu di artikan sebagai pedang bermata dua.
Teknik menerima backlink via spamming (seperti yang ditulis di permulaan tadi) justru akan memunculkan resiko yang besar.
Dengan menyadari hal hal yang demikian, karenanya tautan yang baik ialah tautan yang kita dapatkan atas ijin dan sepengetahuan pemilik websitenya.
Berikut caranya untuk mendapatkan kesempatan ini:
SEO Spider yakni software dari Screaming Frog yang fungsinya untuk menjelajah situs anda (crawling) dan mengumpulkan data-nya untuk di analisis.
Jika anda serius dengan SEO dan belum mengaplikasikan tool ini, segera unduh.
Versi gratis tool ini juga ada dan dapat meng-crawl 500 halaman, jikalau anda berkeinginan lebih silahkan beli yang berbayar.
Ada lebih dari 55 fungsi alat ini, kali ini yang akan di bahas sebagian fungsi mendasarnya saja.
Sesudah menginstall tool ini, masukkan alamat wesbite anda dan tunggu hingga selesai.
Pertama, yang dapat anda lakukan yakni memeriksa meta description dari tiap-tiap halaman.
Tambahkan yang masih kosong. Meta description yakni salah satu unsur on-page SEO, sebab itu ada bagusnya seluruh konten mempunyai tag ini.
Kedua, periksa apakah ada tautan yang mati.
Langsung ganti tautan yang mati agar tak menyebabkan gangguan bagi pengunjung website anda.
Ketiga, memeriksa struktur website dengan internal tautan.
Halaman yang menerima banyak inlinks ialah halaman yang dianggap penting oleh mesin pencari. Karenanya dari itu pastikan tiap konten utama anda menerima banyak tautan.
Keempat, mencari konten yang isinya dangkal.
Kian sedikit word count-nya lazimnya konten hal yang demikian isinya dangkal.
Nilai ketiga dan keempat akan ditunjukkan lebih lanjut dalam bahasan di bawah.
Jangan lupa periksa tautan tadi untuk mengenal keseluruhan fungsi Screaming Frog SEO Spider.
Mungkin anda sudah tahu bahwa external tautan (backlink) yaitu elemen rangking yang kuat. Tetapi seringkali kita meremehkan internal tautan.
Pada kenyataannya, internal tautan yaitu elemen yang betul-betul berimbas juga sebab mesin pencari membaca tingkat kepentingan tiap halaman web dari jumlah internal tautan-nya.
Seperti ini wujud struktur web yang bagus.
Laman yang strukturnya bagus mempunyai sebagian halaman utama, kecuali homepage. Di halaman-halaman utama ini berisi konten yang segala pengunjung web anda patut baca sebab poin/manfaatnya paling tinggi.
Jadi tiap konten pendukung yang relevan mengaitkan ke konten utama anda.
Apabila anda belum punya, langsung buat dan atur strukturnya.
Apabila telah ada, lihat berapa internal tautan yang ada lewat Screaming Frog dalam langkah sebelumnya.
Pelajari metode membangun struktur web ini untuk mengoptimasi struktur halaman utama anda.
Salah satu elemen yang membikin konten jadi berkualitas merupakan muatannya.
Semakin berkualitas tulisan anda, kian besar kemungkinan tulisan tersebut menjadi populer. Alasannya, sebab isinya komplit dan tentunya manusia lebih menyukai konten yang isinya komplit.
Ada korelasi antara muatan tulisan dengan panjangnya. semakin bagus tulisan, kian panjang isinya.
Seberapa panjang?
500 kata? 700? 1000?
Terlalu sedikit..
Jawabannya: 2500 kata.
serpIQ menjalankan analisis hubungkan antara posisi di hasil pencarian Google dengan panjang tulisannya.
Rupanya kian tinggi peringkatnya, kian panjang pula tulisannya. Peringkat pertama mempunyai rata-rata panjang lebih dari 2450 kata.
Ini disebabkan sebab lengkapnya kabar pada tulisan yang panjang sehingga pembaca jadi lebih puas.
Melainkan ingat, panjang tak senantiasa bermuatan.
Tulisan bermuatan senantiasa panjang, namun tulisan panjang belum tentu bermuatan. Dapat saja isinya hanya basa-basi.
Lalu tulisan mana yang kita upgrade?
Indikasi pertama, dapat dipandang dari analisis Screaming Frog tadi. Pilih tulisan yang terlalu pendek sekiranya diperbandingkan dengan yang lain.
Kedua, lihat menurut data Google Analytics.
Masuk ke menu Behavior > Site Content > All Pages.
Utamakan yang Pageviews-nya banyak namun Avg. Time on Page rendah, Bounce Rate tinggi, dan % Exit tinggi.
Untuk mengupgrade konten lama, lakukan ini:
5. Lakukan Perbaikan Terhadap Judul Konten Lama
Dengan mempunyai judul yang bagus, berarti konten anda telah 50% sukses.
Dari segi SEO, penerapan judul yang bagus akan meningkatkan rangking halaman anda.
Pernyataan di atas dapat diperhatikan dari 2 sisi:
Untuk poin kedua, kata kunci di judul akan membikin Google menganggap bahwa konten kita cocok dengan apa yang dicari oleh pengguna.
Sebab itu eksistensi kata kunci pada judul akan meningkatkan rangking anda.
Judul yaitu salah satu unsur on-page SEO yang terutama.
Namun yang ingin di tekankan adalah pada poin yang pertama.
Rand Fishkin dari Moz melakukan penelitian bahwa imbas jumlah klik di halaman pencarian kepada kenaikan rangking konten mereka.
Alhasil kaprah-kaprah seperti ini.
Apabila halaman anda berada di peringkat bawah namun menerima klik lebih banyak ketimbang yang di atasnya, karenanya kemungkinan anda akan menyalip mereka.
Jadi inti sarinya, buatlah judul yang menarik bagi manusia agar mereka tersulut untuk meng-klik halaman milik anda.