KITAS Untuk Pekerja

Dokumen ini adalah untuk para Pekerja Asing (TKA) yang ingin bekerja dan menetap di Indonesia selama masa tugasnya, baik sebagai Komisaris, Direktur, dan Tenaga Ahli.

Mempekerjakan TKA untuk menduduki posisi seperti Komisaris, Direktur, Manajer, Tenaga Ahli dan atau bidang lainnya, diijinkan oleh Departemen Tenaga Kerja Indonesia selama tidak mendapat personil yang tepat di Indonesia. Namun, pihak Depnaker membatasi beberapa bidang dalam setiap sektornya untuk bisa dimanfaatkan oleh Perusahaan dalam mempekerjakan Tenaga Kerja Asing.

Untuk Tenaga Kerja Asing di Indonesia, mereka akan membutuhkan IMTA (Ijin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing) atau yang biasa disebut Working Permit. Dokumen ini biasanya merupakan kewajiban dari Perusahaan yang mempekerjakan TKA.

Persyaratan Paket Kitas Untuk Pekerja

  1. Akte Notaris + SK Kehakiman fotocopy warna.
  2. SIUP minimal menengah modal Rp. 1 Milyar atau IUT/IUI dari BKPM (khusus PMA) atau ijin operasional dari Departemen terkait, fotocopy warna.
  3. TDP, NPWP, Domisili Perusahaan fotocopy Perusahaan.
  4. KTP Direktur fotocopy warna.
  5. Wajib lapor Disnaker (khusus perusahaan domisili Jakarta, ijin dikeluarkan oleh kantor Kelurahan setempat).
  6. Struktur Organisasi (ada posisi untuk TKA).
  7. Kontrak kerja TKA dan Perusahaan (di tandatangani kedua belah pihak diatas meterai dan berstempel) fotocopy warna.
  8. Surat penunjukkan Staf Pendamping TKA, photo warna, fotocopy warna KTP dari TKA tersebut.
  9. Surat sponsor.
  10. Surat jaminan.
  11. Surat kuasa.
  12. Forma aplikasi TKA.
  13. Fotocopy warna Pasport TKA yang masih berlaku 18 bulan kedepan.
  14. Fotocopy warna Ijazah terakhir TKA (minimal Sarjana), ijazah harus huruf latin di tanda tangani oleh TKA dan HRD diatas meterai da distempel perusahaan).
  15. Curriculum Vitae TKA usia minimal 25 tahun, maksimal 50 tahun di tanda tangani oleh TKA dan HRD diatas meterai dan distempel perusahaan).
  16. Fotocopy buku tabungan TKA minimal saldo USD 1.500 atau setara.
  17. Pas photo TKA latar belakang merah ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6 masing-masing 6 lembar.
  18. Rekomendasi penggunaan TKA dari instansi terkait, khusus bagi perusahaan di bidang perminyakan, pertambangan, kelistrikan, pilot, nahkoda, gurus, dll.
  19. Fotocopy semua RPTKA sebelumnya jika proses perpanjangan atau penambahan posisi.
  20. Fotocopy warna semua IMTA, DPKK TKA yang ada di Perusahaan, jika proses perpanjangan atau penambahan posisi.
  21. Form Diklat TKA, jika proses perpanjangan atau penambahan posisi.
  22. Fotocopy warna laporan keberadaan TKA, hal ini diwajibkan bagi yag berlokasi kerja di Jakarta.
  • Setelah semua dokumen persyaratan kami terima, kami akan mulai memprosesnya. Diawali dengan pengurusan Rencana Penempatan TKA, mengurus Pra IMTA dan IMTA serta mengurus ijin masuk WNA ke Indonesia (Telex Vitas). Proses ini memakan waktu 15-25 hari kerja. Pada prose pengerjaan ini TKA boleh tidak berada di Indonesia (pengurusan bisa kami jalankan walaupun TKA-nya masih berada di Negaranya).
  • Setelah Telex Vitas keluar, pihak imigrasi akan mengirimkan kepada KBRI di Negara yang ditunjuk agar WNA bisa mengurus Visa masuk ke Indonesia dengan segera. Kami sangat merekomendasikan agar Visa segera diurus setelah Telex Vitas keluar, agar surat di KBRI tidak menumpuk. Lama proses pengerjaan tergantung masing-masing KBRI dan pengurusan oleh WNA.
  • Setelah Visa didapatkan, agar TKA segera masuk ke Indonesia. Dalam 30 hari setelah masuk ke Indonesia menggunaka Visa yang telah dikeluarkan oleh KBRI, WNA tersebut harus segera melaporkan kedatangannya pada kami, agar bisa langsung mengurus dokumen lainnya.
  • Dokumen berikutnya yang akan kami urus adalah KITAS dan Exit Permit, ini akan menghabiskan sekitar 14 hari kerja.
  • Proses terakhir kami akan mengurus dokumen lain secara parallel, dokumen tersebut antara lain, surat lapor dari Polres tempat domisili WNA, SKPPS, dan atau SKTT dari Dinas Kependudukan khusus wilayah Jakarta. Proses pengerjaan ini memakan waktu 14 hari kerja.
  • RPTKA
  • Pra IMTA
  • IMTA
  • Vitas/Telex Visa (Index 312)
  • KITAS
  • Exit Permit
  • STM

Untuk lebih detail dan lengkap tentang biaya pengurusan semua dokumen tersebut, bisa hubungi kami dengan menghubungi langsung atau mengisi form berikut. Agar kami bisa mengkalkulasi total biayanya.

14 + 14 =

Semua dokumen yang didapatkan hanya berlaku maksimal 1 tahun, di samping itu TKA di wajibkan untuk membayar DPKK (Dana Pengembangan Keahlian dan Keterampilan) ke Kas Negara Indonesia sebesar USD 100/bulan (USD 600/6 bulan dan USD 1.200/12 bulan).

Jika TKA tersebut akan membawa istri dan anak (yang berusia dibawah 18 tahun) ke Indonesia, mereka bisa mendapatkan KITAS dengan masa berlaku yang sama dengan TKA tersebut.

Pin It on Pinterest