5/5 (1)

Visa sebagai persyaratan yang betul-betul penting untuk dapat mengakses teritorial suatu negara. Sebagai negara berkembang, Indonesia masih menerapkan metode visa yang tergolong tidak ketat untuk WNA. Hal yang betul-betul simpel umpamanya, tersedia negara yang dapat diakses Negara Indonesia dengan bebas visa selama 30 hari.

Di tulisan kali ini, akan sedikit berbagi pengalaman perihal membikin visa sosial budaya. Visa ini diterapkan untuk WNA yang berkeinginan diterbitkan Indonesia lebih dari 30 hari. Sedikit berita, visa sosial budaya ini dapat diterapkan selama 60 hari (untuk disetujui pertama) dan dapat diperpanjang sebanyak 4 kali (per 30 hari sekali), sehingga sempurna saat berlaku visa ini dapat ditempuh 180 hari.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan selanjutnya, ada yang bagus kamu ketahui poin-poin penting sebelum kamu memberi tahu calon pasangan, sahabat, cem-ceman, gebetan atau keluarga jauhmu untuk mendaftar visa Sosial Budaya:

  1. Mereka tidak dapat menerima visa Sosial Budaya di Indonesia.Visa ini gratis dapat diajukan di KBRI Indonesia di negara mereka atau negara manapun asalkan luar Indonesia.
  2. Sekiranya mereka nggak pernah ke KBRI atau kantornya kejauhan dari daerah tinggal atau malahan mereka telah di Indonesia menggunakan 30 hari gratis visa atau 60 hari Visa on Arrival, apa pun yang bisa mereka gunakan menggunakan agen layanan di negara ini (ini yang sering digunakan di WNA) dan Anda hanya tinggal siapkan surat sponsor aja. Pelaksanaannya cepat, karcis pesawat juga lumayan murah dari negara lain. Terapkan di hari kerja, ambil penerbangan pulang pergi, pulang gunakan penerbangan malam. Cuma sehari jadi.
  3. Bila Visa Sosial Budaya telah jadi, mereka akan menerima 60 hari di permulaan, tetapi dapat diperpanjang sampai 4 kali untuk mendapatkan masing-masing 30 hari perpanjangan (totalnya jadi 180 hari atau 6 bulan).
  4. Visa ini tergolong Single Entry, jadi begitu mereka pergi dari Indonesia (meskipun visanya masih berlaku), visanya dianggap hangus. Mereka semestinya mengulang progresnya dari permulaan lagi jikalau berharap menerima visa yang sama.
  5. Mereka yang datang ke Indonesia dengan visa ini, tak dibiarkan untuk berprofesi dalam format apa saja atau menerima uang di Indonesia dengan sistem apa saja, termasuk volunteer work.

Note: Beda negara, syarat tiap KBRI juga mungkin berbeda.

Pertanyaan Seputar Visa Sosial Budaya:

Apakah surat sponsor untuk apply visa Sosial Budaya semestinya ada keterangan atas persetujuan dari kantor Imigrasi terdekat?

Jawab: Tak perlu. Surat-surat yang dilampirkan itu berupa (1) surat permohonan dan (2) surat keterangan dan jaminan bermaterai 6000 yang menerapkan bahwa anda siap bertanggung jawab selama si bule berada di Indonesia dan memang benar berada disini tak lebih dari 6 bulan.

Surat sponsor untuk apply visa Sosial Budaya pakai bahasa Inggris atau Indonesia?

Jawab: Indonesia

Di visa itu kan ada artikel Date of Expiry, apa maksudnya? Itu tanggal habis masa berlaku?

Jawab: Date of expiry yakni masa berlaku visa jikalau tak diterapkan. Semisal si bule tiba di Bali tanggal 1 Mei dan pada visanya tertera Date of Expiry: 31 Mei 2018. Bukan berarti ia mesti perpanjang sebelum tanggal 31 Mei, namun jikalau ia tak datang ke Bali sampai 31 Mei karenanya visanya hangus. 

Kapan Visa bisa diperpanjang?

Jawab: Visa Sosial Budaya mulai berlaku 60 hari ialah ideal sesudah si bule menginjakkan kaki di Indonesia kita tercinta ini. Perpanjangan dapat dilaksanakan 10 hari kerja sebelum 60 hari-nya habis.

Apa saja persyaratan untuk perpanjangan Visa Social Budaya?

Jawab: Yang di perlukan fotocopy KTP, sebagian formulir yang dapat diambil lantas di Imigrasi (perdim 23), fotocopy paspor si bule komplit dengan visa nya (berarti 2 halaman) dan paspor asli.

KTP aku masih berstatus pelajar, tetapi aku udah kerja. Apa perlu ubah KTP nya sekaligus?

Jawab: Meminta surat keterangan berprofesi di daerah anda tinggal saat ini, dik. Sekiranya perlu discan dahulu biar dapat di print berulang-ulang. Ini perlu dilampirkan ketika perpanjangan visa. Nggak usah ubah KTP, lama.

Mungkin segitu dulu pembahasan perihal visa sosial budaya yang dapat kami rangkum. Jikalau ada pertanyaan lain yang belum di bahas, kami pasti akan update lagi.

Contoh sponsor letter bisa download disini

Contoh form perpanjangan visa sosial budaya bisa download disini

 

Nilai kualitas konten

Pin It on Pinterest