Select Page

Surat pengantar lamaran kerja atau cover letter ialah salah satu hal yang juga ikut serta paling diamati oleh HRD kecuali CV. Isi, keterangan, bentuk, kerapihan sampai pengaplikasian dan gaya bahasa yang diterapkan di pada cover letter dapat ikut serta memberi pengaruh pengevaluasian HRD terhadap pelamar.

Bagus melamar kerja secara seketika atau melewati situs (online) isi dan bentuk dari sebuah surat lamaran betul-betul lah penting, itu kenapa membikin surat pengantar atau lamaran yang bagus merupakan kewajiban, sebab dari surat lamaran yang pas bisa memberikan kau point tambahan untuk kesan pertama yang bagus dari HRD.

Ini dia sebagian point penting yang lazim disertakan saat menulis lamaran pekerjaan:

  • Foto copy ijasah terakhir 1 lembar
  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk 1 lembar
  • Pas foto 3 x 4 2 lembar
  • Daftar Riwayar Hidup
  • Surat Pengalaman Kerja

Sebagian point di atas dapat dihilangkan dikala anda melamar secara online seperti fotocopy KTP dan ijasah yang dapat anda ganti dengan gambar scan dari aslinya, seperti itu juga dengan tepat foto anda dapat kirim satu file attachment atau letakan seketika di daftar riwayat hidup (CV).

Berikut ini adalah gambaran contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar:

Gambar terkait

Jakarta, 13 Juni 2019

Kepada Yth

Bapak/Ibu HRD,

PT. Servis Barokah Indonesia

Jl. Mampang Prapatan raya No.73A, Jakarta Selatan

Hal: Lamaran Kerja Marketing

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi tentang lowongan pekerjaan sebagai Marketing di PT. Servis Barokah Indonesia di akun instagram @magang_id tanggal 5 Juni 2019, maka saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi sebagai Marketing dengan keterangan identitas diri sebagai berikut:

Nama: Evelyn Teresa

TTL: Subang 17 Mei 1992

Alamat: Jl Keling III No 90 Jakarta Barat

Pendidikan Terakhir: D3 Marketing Komunikasi

Sebagai bahan pertimbangan, saya menyetujui juga beberapa dokumen terkait:

  1. Foto copy Ijazah Sarjana (D3) yang telah dilegalisir.
  2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk.
  3. Foto copy Kartu Tanda Pencari Kerja.
  4. Daftar Riwayat Hidup / Curiculum Vitae.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan disetujui, dengan harapan agar saya bisa diterima bekerja. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(ttd)

Evelyn Teresa

Kiat Menulis Cover Letter yang Bagus dan Pas

Masih banyak orang kurang berupaya dalam membikin surat lamaran yang pas sebab terlalu terpusat untuk mengutamakan CV yang baik dan menarik. Sedangkan cover letter juga salah satu point utama yang paling permulaan dilihat sebelum CV. HRD akan mengukur sikap dan kepribadian juga keseriusan kau dalam melamar posisi yang diharapkan dari rapihnya forma dan pantasnya penerapan bahasa yang dipakai.

Ini ia sebagian kiat bagaimana sistem menulis surat pengantar lamaran kerja yang bagus:

1. Penggunaan bahasa yang tepat

Pakai bahasa formal saat menulis cover letter bagus itu bahasa Indonesia dan bahasa asing. Jangan juga mengaplikasikan gaya kalimat yang bertele-tele. Ingat ada CV juga yang ikut serta menyokong peralatan data diri kau jadi tak perlu semuanya dibeberkan di cover letter.

2. Lebih bagus diketik saja

Kini banyak perusahaan yang merekomendasikan untuk menulis cover letter diketik saja ketimbang ditulis manual. Padahal masih banyak perusahaan lebih memilih yang manual sebab keperluan pengevaluasian karakter. Tetapi kalau tak diwajibkan lebih bagus diketik saja untuk menunjang kerapihan wujud surat pengantar.

3. Isi keterangan secara jujur

Tulis isi cover letter secara jujur. Lampirkan peralatan dokumen cocok apa yang kau tulis di cover letter sebab akan dipertanyakan saat kau akan interview. Jikalau tak HRD akan mengukur kau sebagai karakter yang ceroboh, tak teliti dan susah diandalkan.

Sesuaikan Lamaran dengan Keperluan, Ragam Profesi dan Perusahaannya

Pilih wujud kesimpulan yang layak keperluan, seandainya kau tak terlalu bagus dalam berbahasa asing jangan dipaksakan dan pakai saja bahasa Indonesia, meski kau melamar kerja diperusahaan asing. Asalkan posisi yang kau lamar memang layak dan tak ada tuntutan berbahasa asing yang bagus dan wujud serta isi cover letter rapih karenanya peluang kau dilirik HRD dapat juga sama besarnya dengan yang menulis cover letter dengan bahasa asing.

Pin It on Pinterest