Select Page

William Henry Gates III atau yang lebih diketahui dengan Bill Gates yakni seorang tokoh bisnis, pemodal, filantropis, penulis asal Amerika Serikat. Gates lahir di Seattle, Washington, pada tanggal 28 Oktober 1955 dari pasangan William H. Gates, Sr. dengan istrinya, Mary Maxwell Gates.

Kedua orang tua Bill Gates yakni keturunan bangsa Inggris, Jerman, dan Irlandia. Ayahnya yakni advokat ternama walaupun ibunya menjabat sebagai member dewan direktur First Interstate BancSystem. Semasa kecil, orang tua Gates lebih menginginkan apabila ia akan berkarir di bidang tata tertib. Gates muda mengawali studinya dengan berguru di Lakeside School, sebuah sekolah persiapan eksklusif di Seattle. Disekolah inilah, Gates mulai memaksimalkan kepintarannya dalam dunia pemrogaman.

Bill Gates

Bill Gates adalah sosok pengusaha dunia teknologi yang menduduki posisi kedua orang terkaya dunia saat ini.

Ia bersama ketiga sahabatnya yang lain sempat dilarang mengituki program musim panas sesudah mereka ketahuan mengeksploitasi bug di metode operasi untuk mendapatkan waktu komputer bebas. Di tahun selanjutnya, Information Sciences, Inc. mempekerjakan empat siswa Lakeside hal yang demikian untuk menulis program pembayaran gaji dalam bahasa COBOL.

Gates pernah mengerjakan keisengan semasa sekolahnya saat ia dipinta menulis sebuah program komputer sekolah untuk membikin jadwal kelas siswa. Ia memodifikasi kode sehingga ia ditempatkan di kelas-kelas yang didominasi perempuan. Pada umur 17 tahun, berkerja sama dengan Allen, Gates mendirikan suatu usaha yang mereka kasih nama Traf-O-Data. Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973 dan kemudian kuliah di Harvard College pada musim gugur 1973. Di Harvard, ia bersua dengan Steve Ballmer, yang kelak akan menggantikannya sebagai CEO Microsoft.

Nama Lengkap : William Henry “Bill” Gates
Dikenal : Bill Gates
Lahir : Washington, Amerika, 28 Oktober 1955
Orang Tua : William H. Gates (ayah), Mary Maxwell Gates (Ibu)
Saudara : Libby Gates, Kristi Gates
Istri : Melinda Gates
Anak : Jennifer Katherine Gates, Rory John Gates
Pekerjaan : Pendiri Microsoft
Kekayaan : 100 milliar dollar US / 1400 triliun rupiah (Forbes, Mei 2019)

Di tahun kedua kuliahnya, Gates sukses menerima solusi untuk penyortiran panekuk sebagai solusi dari solusi problem yang belum terpecahkan. Selama kuliah di Havard, Gates sama sekali tak beratensi untuk belajar seperti mahasiswa lainnya. Lebih banyak menghabiskan waktu dengan menerapkan komputer. Pada musim panas 1974, Gates menghubungi Paul Allen, dan bergabung mengunjungi di Honeywell.

Pada tahun selanjutnya, ketika MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan, Gates dan Allen mengamati kesempatan hal yang demikian untuk membikin perusahaan perangkat lunak komputer itu sendiri. Untuk menghasilkan impiannya ini, Gates kemudian keluar dari Havard dan berprofesi bersama Allen di MITS di Albuquerque pada November 1975.

Mereka menamai usaha yang baru mereka temukan dengan nama “Micro-Soft” dan mulai kantor dipecahkan di Albuquerque. Satu tahun selanjutnya, nama usaha mereka berubah menjadi Microsoft dan pada 26 November 1976 nama dagang “Microsoft” diregistrasikan di Kementerian Luar Negeri New Mexico.

Bersama Microsoft, Gates memantapkan nama di dunia bisnis sebagai pria paling berhasil dan paling kaya. Gerbang peringkat pertama dalam daftar orang terkaya di dunia semenjak tahun 1995 sampai 2009, tak termasuk 2008 kompilasi sampai peringkat tiga. Di Microsoft, Gates pernah menyetujui sebagai CEO dan kepala perangkat lunak, dan ia menjadi pemegang saham perorangan terbesar dengan lebih dari 8% saham perusahaan biasa.

Padahal dikagumi banyak orang, banyak juga yang membenci Gates. Pada masa akhir karirnya, Gates mengerjakan sebagian usaha filantropi dengan berdonasi sejumlah besar dana untuk beraneka organisasi amal dan program penelitian ilmiah via Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikannya pada tahun 2000. Pada bulan Januari 2000.

Penghargaan:

  1. Predikat 400 Orang Terkaya di Amerika, majalah Forbes (1987)
  2. Masuk ke daftar 100 orang paling berhasil pada abad ke-20, Majalah Time
  3. Masuk ke daftar 100 orang paling berhasil tahun 2004, 2005, dan 2006 oleh Majalah Time
  4. Peringkat kedelapan dalam daftar Pahlawan di zaman kita (2006)
  5. Gelar CEO tahun 1994 oleh majalah Chief Executive Officers (1994)
  6. Peringkat pertama dalam daftar Top 50 Cyber ​​Elite oleh majalah Time (1998)
  7. Gelar Distinguished Fellow ke-20, British Computer Society (1994)
  8. Gelar Doktor Kehormatan dari Nyenrode Business Universiteit, Breukelen, Belanda, (2000)
  9. Anggota kehormatan Peking University (2007)
  10. Gelar Kehormatan Komandan Kesatria Kerajaan Inggris (KBE) oleh Ratu Elizabeth II (2005)
  11. Penghargaan Ordo Elang Aztec
  12. Penghargaan Bower Award untuk Kepemimpinan Bisnis dari The Franklin Institute (2010)
  13. Silver Buffalo Award dari Boy Scouts of America (2010)

Fakta Fakta Kekayaan Bill Gates

  • Bill Gates menciptakan US$250 tiap-tiap detiknya, itu sekitar US$20 juta sehari dan US$7,8 milyar setahun!
  • Apabila ia menjatuhkan US$1.000, ia pun tak perlu repot-repot lagi untuk mengambilnya kembali sebab sama dengan waktu 4 detik untuk mengambil, ia telah mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang sama.
  • Utang nasional Amerika sekitar US$5,62 trilyun, kalau Bill Gates akan membayar sendiri utang itu, ia akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.
  • Ia bisa mendonasikan US$15 terhadap seluruh orang di dunia tetapi konsisten bisa menyisakan US$5 juta sebagai uang sakunya.
  • Michael Jordan merupakan atlit yg dibayar paling mahal di Amerika. Apabila ia tak makan dan minum dan konsisten memperkenankan penghasilannya utuh dalam setahun sejumlah US$30 juta, ia konsisten semestinya menunggu hingga 277 tahun supaya dapat sekaya Bill Gates kini.
  • Apabila Bill Gates merupakan sebuah negara, ia akan menjadi negara terkaya sedunia nomor ke 37 atau jadi perusahaan Amerika terbesar nomor 13, pun melebihi IBM.
  • Apabila seluruh uang Bill Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$1, kita bisa menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali bolak balik. Namun jalan itu semestinya diwujudkan non berhenti selama 1.400 tahun dan memakai sempurna 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut seluruh uang itu.
  • Bill Gates kini berumur 40 tahun. Apabila kita mengasumsikan ia bisa hidup 35 tahun lagi karenanya ia semestinya membelanjakan US$6,78 juta per hari untuk menghabiskan seluruh uangnya sebelum ia pergi ke surga.
  • Namun! Apabila pemakai Microsoft Windows bisa mengklaim US$1 untuk tiap-tiap kali komputernya hang sebab Microsoft Windows, Bill Gates akan langsung gulung tikar dalam waktu 3 tahun!.

Pin It on Pinterest